Sabtu, Agustus 01, 2009

Soft Bread



Udah lama ini blog nggak diperhatiin sampe jamuran nih nggak ada yang baru...
Bukannya males bikin apa2 cuma emang lagi nggak sempet banget.. Sibuuuuukkk.. hehehe
Sebenernya udah pengen ikutan Cookies Week, cuma bentrokkan jadwalnya sama bikin Apron buat acara Association Sommelier Indonesia..
Yaaa sebenernya sih bukan aku yang bikin tapi mamah.. daku cuma jadi asisten dan quality control dan tukang komplen kalo ada jaitan yang bener hehehe...

Nah sebagai pembuka setelah semua urusan beres aku bikin aja soft bread yang emang bener2 soft ini.. Pake resep Soft Bread nya NCC




Sebenernya sih udah kepengen dari 2 minggu lalu bikinnya cuma masih belum tau merek bread improver itu apa aja.. yang aku tau cuma kalo bread improver itu untuk melembutkan dan membuat roti lebih awet...Nanya ke pasar nggak ada yang tau.. ke hero adanya ragi doang... Nggak bisa nyari dengan pasti karena akunya sendiri nggak tau merek bread improver itu apa aja.. Dan lagi nggak bisa googling karena internet dikantor sedang dibatasi..

Akhirnya setelah nggak terlalu sibuk nyempetin ke warnet buat googling merek2 bread improver.. Ada baker bonus sama S500 aja yang aku ngehin..

Besok nya ke toko gemilang ditebet barat dan dengan pedenya bilang mau beli baker bonus
dan S500.. trus kata abangnya nggak ada tp adanya soft bread..
Sama kok, gitu katanya.. Ya udah beli aja

Akhirnya bikinlah aku tadi malam.. Biar bisa buat sarapan besok... pas banget suasana hati lagi agak2 nggak enak jadi semangat banget buat banting2 adonan... Adonan soft bread biar cepet kalis boleh dibanting2 kan ya??? hehehe...

Soft Bread nya cuma aku isi meises sama keju... Enak Banget...sssooofffttt... Dan karena ada yang ditawarin tapi nggak mau, katanya suruh makan aja, ya aku makan aja... Emang bukan rejekinya dia buat ngerasain soft bread pertama aku ya... hahaha..

Jam 2 malem baru selesai.. padahal bikinnya cuma 1/2 resep aja.. Langsung aja aku foto buat dokumentasi.. cuma berhubung kamera boleh minjem dan nggak bisa ganti tanggalnya masih 21 Juli 2009... Mesti beli kamera nih biar nggak pinjem2 punya orang terus...



Eniwei.. buat yang pengen nyoba bikin nih aku tulisin resepnya...

SOFT BREAD
By Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr terigu protein tinggi ( aku pakai cakra )
100 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi ( aku pakai fermipan )
1/2 sdt bread improver
300 ml air es
4 kuning telur
1/2 sdt garam

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering jadi satu kecuali garam ( garam bisa menghambat fermentasi )
2. Masukkan telur dan air es 200 ml saja, uleni sampai setengah kalis
3. Masukkan mentega dan garam lalu uleni hingga kalis.. kalau kurang air bisa ditambah air sedikit demi sedikit saja. Tandanya kalis apabila adonan diambil sedikit dan dilebarkan tidak akan robek.
4. Tutup baskom dengan kain dan diamkan selama kurleb 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.
5. Timbang adonan sesuai selera dan diberi isi lalu letakkan di loyang yang sudah dioles mentega.. Beri jarak agak lebar karena adonan akan didiamkan lagi hingga mengembang yang kedua kali.. dan nanti saat dioven juga akan mengembang lagi.
Tutup loyang dengan kain dan didiamkan selama kurleb 45 menit.
6. Olesi atasnya dengan kuning telur dan panggang dengan suhu 160 derajat celcius hinggak kecoklatan.
7. Masukkan diwadah tertutup setelah dingin agar lebih tahan lama.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wow makasih resepnya

Siguiente Anterior Inicio
 
Wanti Punya Dapur Copyright © 2010 | Designed by: Compartidisimo