Senin, Februari 15, 2010

Roti Abon Gulung



Hari minggu ini mau main ke Depok jadi pagi2 bikin roti buat ponakan2ku tercinta..
bikinnya seperti biasa cuma 1/2 resep aja nyoba ngadoninnya pakai hand mikser phillip.. Akhirnya bisa loh sampe kalis elastis..
Nggak tau deh tuh bakalan bikin jebol si mikser apa nggak,
baru sekali dipake buat ngadonin soalnya..
Yang penting kan jadi tau kalis elastis itu yang kayak gimana..
bukan begitu bukan???? hehehe..

Kali ini mau nyoba bikin Roti Abon Gulung, minggu depan aku mau nyoba yang Roti ala Extravaganza kayak yang aku bikin dulu tapi ngadoninnya pakai mikser aaahhh...

Oh iya bikin abon gulungnya aku pakai adonan roti kurleb 130gr - 150gr diloyang 22x22,
setelah rounding trus digiling tipis sesuai ukuran loyang trus diproofing,
setelah ngembang dioles susu evaporate trus dikasih garis2 silang pakai mayonaise sama saus tomat (tapi kalo aku lebih suka saus cabe jadi ada sensasi hot nya sedikit soalnya kan abonnya aku pakai yang nggak pedes ) udah gitu ditaburin oregano,
bisa juga ditaburin daun bawang yang diiris tipis2 sama wijen putih atau wijen hitam, tapi berhubung nggak punya daun bawang dan wijen ya pakai oregano aja yang ada..



Setelah matang (jgn terlalu lama ya nanti pinggirannya jadi kering ) langsung dibalik diatas kertas roti trus dikerat sedikit bagian pinggir dan tengah nya biar gampang waktu ngegulungnya.. trus dioles pakai campuran mayonaise dan SKM (1:1) lalu taburi abonnya dan digulung.. Jangan terlalu ditekan nanti rotinya jadi kempes... Trus potong2 deh... Setelah dipotong ada yang ujungnya aku biarin polos tapi ada yang aku oles mayonaise trus aku dikasih abon lagi deh... Selamat menikmati Roti Abon Gulung ponakan2ku....

0 komentar:

Siguiente Anterior Inicio
 
Wanti Punya Dapur Copyright © 2010 | Designed by: Compartidisimo